Antena Farmer Kubota di Tabanan Membuka Mindset Pertanian Modern

Di KUBOTA, kami mempunyai tanggung jawab dalam rangka memberikan pengetahuan yang kami miliki dalam hal Mekanisasi Pertanian kepada seluruh stakeholder. Salah satu komitmen KUBOTA adalah dengan memberikan edukasi melalui kegiatan Antena Farmer atau Demplot (Demontration Plot).

Sentralisasi pertanian saat ini tidak hanya berada di pulau Jawa, saat ini wilayah lain pun mulai mengoptimalkan wilayah nya sebagai pusat pertanian khususnya Padi. Pulau Bali adalah contoh dari wilayah lain yang secara geografis pertanian berfokus kepada Padi, Palawija, Sayuran dan Buah.

Dengan potensi pertanian yang ada, mekanisasi pertanian di Pulau Bali, khususnya Tabanan untuk saat ini belum begitu pesat. Proses pertanian masih didominasi oleh tenaga manual yang hampir sebagian besar didatangkan dari Jawa Timur khususnya Banyuwangi. Kondisi ini tentunya mulai menjadi hambatan khususnya bagi petani saat musim bajak, tanam dan panen tiba. Karena sebagian besar harus menunggu tenaga manual bisa bekerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Masalah lain kemudian muncul apabila petani tidak bisa menunggu terlalu lama proses bajak, tanam dan panen karena akan berdampak besar kepada siklus bisnis padi mereka.

KUBOTA bekerjasama dengan dealer resmi yang meliputi wilayah penjualan Bali yaitu CV Argo Jaya kemudian mencoba memberikan edukasi mekanisasi pertanian untuk membuka mindset pertanian modern di wilayah Tabanan pada khususnya.

Kegiatan Antena Farmer ini meliputi Proses Pembajakan (Pengolahan Lahan), Proses Tanam (Seedling & Rice Transplanting) dan Proses Panen (Harvesting) dengan mesin pertanian modern KUBOTA. Lokasi Antena Farmer berada di Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan – Bali. Luas lahan Antena Farmer Tabanan adalah 1,750 m2. Dengan agenda mulai dari 20 Februari 2021 s/d 30 Juni 2021.

 

  1. Proses Pengolahan Lahan/Bajak (Traktor Kubota L4018 & Bajak Rotary KRX 175)
  2. Proses Tanam Padi (Rice Transplanter SPV6CMD)
  3. Proses Panen Padi (Combine Harvester DC-35)

Hasil dari Antena Farmer KUBOTA di Tabanan – Bali, memberikan dampak yang positif  yaitu terbukanya mindset petani di area tersebut untuk menggunakan mekanisasi pertanian dalam proses pertanian mereka. Dengan kondisi geografis lahan pertanian di area Tabanan, petani sangat antusias dengan mesin panen padi KUBOTA DC-35. Karena bisa menjawab solusi atas permasalahan tenaga panen manual saat musim panen tiba.

KUBOTA, tentu saja akan terus melanjutkan komitmen nya dalam hal memberikan kontribusi kepada peningkatan produktifitas petani tidak hanya di area ini saja. Tetapi KUBOTA masih terus akan melanjutkan kegiatan Antena Farmer di area lain yang memiliki potensi pertanian yang besar.

KUBOTA, For Earth For Life