PT Kubota Machinery Indonesia

SERVICE

Kubota Machinery Indonesia (KMI) berkomitmen memberikan pelayanan garansi dan menjamin kualitas pada seluruh produk Kubota yang dijualnya guna meningkatkan keyakinan dan kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk Kubota.

Kubota Machinery Indonesia menyediakan pelayanan garansi hingga 1 tahun lamanya.

Kubota Machinery Indonesia menjamin bahwa setiap kerusakan bagian dari produk Kubota yang disebabkan oleh kesalahan material atau proses produksi akan diganti atau diperbaiki tanpa biaya.

Hal-hal berikut ini merupakan kerusakan yang tidak ditanggung garansi:

  • Kerusakan yang bukan disebabkan oleh kesalahan material atau proses produksi.
  • Kerusakan yang disebabkan oleh perawatan, penyimpanan, dan penggunaan yang tidak tepat.
  • Kerusakan karena tidak melakukan perawatan berkala seperti diinstruksikan dalam buku panduan operator
  • Kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan, kelebihan kapasitas mesin, serta fungsi dan penggunaan mesin dengan maksud yang salah.
  • Kerusakan yang disebabkan oleh modifikasi dan perbaikan tanpa pemberitahuan sebelumnya dari KMI atau Dealer resmi KMI.
  • Kerusakan karena tidak menggunakan suku cadang asli Kubota atau oli serta bahan bakar yang tertulis dalam buku panduan operator.
  • Kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan implemen yang tidak sesuai (mohon lihat buku panduan operator untuk instruksi dan penggunaan implemen yang sesuai).
  • Kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, dan lain-lain.
  • Aus normal dan lecet.

KMI memiliki mekanik dari perwakilan Dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini kami maksimalkan agar KMI dapat menjangkau pelanggan secepat mungkin untuk memperkecil waktu tunggu pelanggan.

KMI selalu berusaha memastikan bahwa mekanik Dealer kami memiliki kompetensi yang berkualitas untuk memberikan pelayanan terbaik, baik itu dalam pelatihan, perbaikan, edukasi perawatan rutin dan pengoperasian yang aman.

Dengan pelayanan servis yang profesional, KMI ingin memberikan rasa tenang dan yakin terhadap kualitas mekanik Dealer Kubota dalam menangani produk yang dimiliki konsumen.

Kubota Machinery Indonesia melakukan pelatihan khusus kepada teknisi dealer setiap tahunnya. KMI memiliki beberapa topik dan tingkatan yang disesuaikan dengan level kemampuan dari para teknisi.

Selama pandemi ini, KMI tetap mengadakan pelatihan kepada mekanik tanpa mengurangi bobot materi, akan tetapi untuk saat ini pelatihan hanya dilakukan secara daring.

Setiap tahunnya Kubota Machinery Indonesia selalu melakukan evaluasi terhadap Dealer yang tersebar di seluruh Indonesia, guna memastikan pelayanan yang diberikan untuk konsumen adalah yang terbaik dibidangnya.

Kepuasan pelanggan adalah salah satu motivasi kami untuk selalu memaksimalkan pelayanan yang Kubota berikan. Oleh karena itu kami selalu meyakinkan konsumen bahwa fasilitas, tenaga ahli juga sistem pelayanan Dealer kami sudah mengikuti dan sesuai dengan standar Kubota.

Sumber Daya Manusia

Kubota selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen untuk pelayanan purna jual dengan mempertimbangkan sumber daya manusia (SDM), baik itu tenaga kerja off-site maupun tenaga on-site. Jumlah SDM disesuaikan dengan perbandingan total populasi mesin Kubota yang tersebar di seluruh Indonesia, guna memenuhi kebutuhan konsumen Kubota.

Fasilitas

Kegiatan pelayanan terbaik harus dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni. Kubota menyediakan perwakilan Dealer di seluruh wilayah Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas bengkel dan kelengkapan perlengkapan yang sesuai standar.

Pelayanan

KMI selalu mengutamakan hubungn antara Kubota dengan Pelanggan. Saat masa garansi sudah habis, staf kami akan selalu melakukan kunjungan ke tempat-tempat konsumen untuk melakukan pengecekan dan juga berkomunikasi tentang tanggapan dan masukan dari konsumen untuk terus melakukan perbaikan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Salah satu kegiatan yang terus digalangkan oleh Kubota Machinery Indonesia diantaranya:

  • Season follow: Kunjungan mekanik ke mesin konsumen, baik itu pada saat panen ataupun tidak, guna memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan prima yang siap bekerja.
  • Driving school: Kegiatan pelatihan bagi pemilik dan operator produk Kubota mengenai cara penggunaan dan pengoperasian yang aman dan sesuai prosedur juga mengenai perawatan harian supaya dapat mengurangi biaya penggantian suku cadang yang tidak seharusnya.
  • Service camp: Terdapat aktivitas coaching clinic pada lokasi service camp diadakan. Konsumen dapat berdiskusi mengenai masalah yang terjadi di lapangan. Umumnya aktivitas ini dilakukan ketika musim panen raya tiba untuk mengurangi kekhawatiran konsumen akan kebutuhan suku cadang dan juga jasa servis.

Kubota e-learning adalah sebuah platform web yang menjadi wadah bagi sekumpulan konten-konten kursus untuk melakukan pelatihan online secara mandiri.

Kubota e-learning diperuntukan khusus untuk mekanik dealer resmi Kubota sebagai media belajar dan meningkatkan pengetahuan mekanik mengenai produk Kubota. Mekanik dealer bisa memilih topik kursus yang sesuai dengan kebutuhan preferensi masing-masing. KMI selaku principal Kubota di Indonesia selalu berusaha untuk menyediakan dukungan yang bisa menunjang skill dan pengetahuan mekanik yang berguna saat memberikan pelayanan kepada konsumen.

Kubota e-learning dapat diakses melalui komputer ataupun smartphone selama terdapat jaringan, sehingga mekanik dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Dengan kemudahan ini, tidak ada lagi yang menghalangi mekanik untuk terus berkembang.

Kubota tutorial video merupakan pusat sumber video mengenai tutorial-tutorial yang sangat berguna untuk menjaga mesin Kubota selalu dalam kondisi prima. Di website ini terdapat tutorial bagaimana cara pengoperasian produk Kubota yang seharusnya, bagaimana melakukan perawatan rutin yang benar hingga bagaimana membuat pembibitan padi yang baik. Kubota tutorial video bisa diakses melalui tab di website ini menggunakan komputer ataupun ponsel pintar.

FAQ

Frequently Asked Question/Pertanyaan yang Sering ditanyakan

Kubota memiliki pabrik-pabrik di luar Jepang seperti pabrik di Thailand dan China

Kubota memiliki dealer yang tersebar diseluruh Indonesia sehingga dapat menjangkau kebutuhan konsumen dengan cepat, selain itu Kubota juga mempunyai beberapa aktivitas purna jual seperti servis gratis, kunjungan mekanik, customer gathering, driving school dan juga service camp

Iya, Anda bisa menggunakan B-30 Biodiesel pada produk Kubota tanpa ada masalah. Namun untuk model tertentu, diperlukan penggantian beberapa suku cadang. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi Dealer terdekat di tempat Anda.

Saringan udara harus dibersihkan setiap 50 jam sekali atau lebih cepat tergantung kondisi saringan. Produk Kubota memiliki indikator dibelakang wadah saringan untuk mengetahui intensitas kotornya saringan udara, sehingga saringan udara dapat dibersihkan ketika indikator berwarna merah.

Karena beberapa serpihan besi yang dihasilkan oleh proses manufaktur tetap ada di dalam mesin, meskipun pabrik telah membersihkan dengan hati-hati. Hal ini sangat umum untuk mesin diesel. Jika Anda mengganti oli mesin pada 50 jam pertama, Anda dapat menggunakan produk Kubota Anda dengan lebih aman

Untuk menjaga masa pakai mesin dari unit Kubota, sebaiknya menggunakan oli mesin yang sudah disiapkan oleh Kubota. Hal ini karena oli yang sudah disedikan oleh Kubota memiliki kandungan yang sangat sesuai dengan standar pabrikan yang diperlukan unit Kubota. Para pelanggan Kubota dapat dengan mudah mendapatkan oli tersebut di Dealer Resmi Kubota di seluruh wilayah Indonesia

Oli hidrolik yang digunakan oleh seluruh unit Kubota sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai hidrolik, namun seperti di combine harvester, oli hidrolik tersebut digunakan juga pada bagian bergerak maju atau Hidrostatik Transmission (HST), rem belok, dan hidrolik naik turun bagian pemanenan. Untuk menjaga masa pakai dan kinerja dari HST, sebaiknya menggunakan oli Kubota yaitu Kubota UDT3 oil karena oli tersebut memiliki kandungan kimia dan zat adiktif yang sangat sesuai untuk seluruh kinerja hidrolis unit Kubota. Para pelanggan Kubota dapat dengan mudah mendapatkan oli tersebut di Dealer Resmi Kubota di seluruh wilayah Indonesia

Coolant Kubota tidak boleh dicampur dengan coolant merek lain atau air sumur karena dikhawatirkan terjadinya reaksi kimia yang mengakibatkan penggumpalan cairan. Apabila di lapangan mengalami kekurangan coolant, radiator atau kotak cadangan hanya boleh ditambahkan dengan coolant asli Kubota sama atau dengan air distilasi / air AC.

Untuk perawatan rutin harian yang dilakukan sebelum bekerja diantaranya, melakukan pemeriksaan level oli mesin, oli transmisi, oli hidrolik, dan cairan pendingin. Kemudian melakukan pembersihan untuk saringan udara bagian luar, saringan udara pada radiator, saringan udara pada cover mesin, kemudian membersihkan air yang ada pada water separator. Kemudian memberikan gemuk pada bagian roller dan memberikan pelumasan oli pada bagian rantai dan pisau pemotongan. Pemeriksaan sebelum bekerja sangat penting agar kondisi unit berada pada kondisi prima sebelum bekerja.

Tidak disarankan untuk menggunakan implemen lain selain implement peruntukannya pada Traktor kubota. Dikarenakan traktor kubota memiliki batas implement yang diizinkan untuk setiap model traktor kubota. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada traktor terutama di bagian Hidrolik dan transmisi PTO.

Penyebabnya adalah pengoperasian yang tidak sesuai dengan standar Kubota, contoh pada saat pengolahan lahan dengan menggunakan rotari , biasanya operator tidak mangangkat rotari pada saat traktor berbelok atau berputar.

Terkait dengan engine CH DC-35 cepat panas/overheat yang menyebabkan kerusakan pada engine, sebaiknya dilakukan perawatan dan pengecekan harian rutin seperti pengecekan fan belt, radiator fin, oil cooler fin, radiator cap dan coolant reservoir tank. Jika semua sudah dilakukan, maka dipastikan tidak akan terjadi engine cepat panas/overheat.

Jika panen dilakukan pada musim hujan itu akan menyebabkan penyumbatan pada concave karena padi yang dipanen kondisinya basah mengakibatkan semua padi akan menempel.

Tidak dibenarkan atau diperbolehkan menumpuk hasil panen di atas combine harvester. Hal ini akan menambah beban dari combine harvester tersebut, yang kemudian akan merusak bagian berjalan seperti crawler, dan membuat kerja mesin dan hidrolik menjadi lebih berat, sehingga terjadi kerusakan pada komponen komponen tersebut.

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebabnya. Pertama pada saat Anda mau melakukan penyemaian, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari pemilihan tanah, penyaringan tanah, pengukuran pH Tanah, pemilihan bibit, persemaian, perawatan bibit, pemupukan dan yang terakhir cara pengoperasian mesin tanam Kubota yang tepat.

Tidak ada larangan untuk memperbaiki unit Kubota Anda sendiri atau ke bengkel yang berada dekat dengan Anda. Namun disarankan agar Anda menghubungi mekanik Dealer Kubota terdekat. Mekanik Dealer Kubota telah mendapatkan pelatihan khusus terkait unit Kubota, maka mintalah kepada mereka untuk memeriksa dan melakukan perbaikan pada unit Anda, agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal, dan dapat mengetahui penyebab utama kerusakan tersebut sehingga tidak terulang terjadi kerusakan yang sama.

Anda dapat menghubungi call center HALO KUBOTA 0821 8686 8677 melalui SMS, Whatsapp atau telepon. Kami akan segera menindaklanjuti permasalahan dan keluhan Anda.