17 Agustus 2015, tepat pada hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, kami menginjakkan kaki di tanah Kalimantan Barat. Kami memiliki misi untuk melihat secara mendalam potensi lahan pertanian di Kalimantan Barat untuk pengembangan bisnis Kubota dan tentunya mengembangkan mekanisasi pertanian di Indonesia. Kesan pertama adalah betapa areal pertanian di Kalimantan Barat sangatlah luas dengan kondisi tanah yang terbilang landai. Ini dia yang kami cari!!!

         

Kami berinisiatif untuk terlebih dahulu menyambangi teman – teman di Dinas Pertanian sebagai “penguasa” lahan sekaligus bersilaturahmi dan meminta beberapa informasi mendasar dan umum tentang pertanian di Kalimantan Barat yang ternyata sangat “welcome” menyambut tim Kubota dan bersedia berbagi pengetahuan tentang pertanian di daerah mereka. Kami pun mengunjungi beberapa teman – teman petani untuk menggali lebih dalam mengenai cara mereka mengolah lahan, menanam serta menjual hasil panen mereka.



Ternyata petani – petani di Kalimantan Barat sangat bersemangat dengan konsep ‘mekanisasi pertanian’. Mereka berkeinginan untuk meningkatkan hasil tanaman mereka sekaligus mengefisiensikan sumber daya dan biaya proses produksi pertanian mereka. Klop!!! Sehati!!! Satu tujuan!!! Hal ini mengantarkan kami untuk lebih membulatkan tekad untuk mengajak teman – teman pengusaha di Kalimantan Barat untuk menjadi dealer sebagai perwakilan Kubota dalam mengantarkan proses mekanisasi pertanian untuk kesejahteraan petani dan rakyat Indonesia secara umum. Merdeka!!!