Banyak keuntungan yang diperoleh petani, jika menggunakan traktor 4 roda Kubota L3608. Selain dapat membajak sawah dengan lebih cepat, juga dapat menyuburkan lahan sekaligus. Traktor L3608 tidak mudah terbenam atau selip saat digunakan di sawah sehingga ideal untuk operasi menggunakan pengolah rotary. Traktor 4 roda efisien dalam penyiapan lahan, karena mampu melakukan proses pembajakan, penggaruan dan perataan sekaligus. Dibandingkan menggunakan traktor tangan yang harus melalui tiga tahap tersebut, dengan 3 alat yang berbeda. Alat pengolah rotary tiller Kubota mempunyai pisau berbentuk sabit, yang menghasilkan pembajakan dan penghalusan tanah yang efisien. Hasil akhir tanah lebih halus terolah, sisa tanaman padi hancur dan tercampur dengan tanah yang membuat tanah menjadi lebih kaya nutrisi.

Menggunakan pengolah rotary untuk membajak sawah akan lebih efisien, bajak rotary bekerja dengan memanfaatkan tenaga putaran PTO. Putaran PTO ini dapat disetel pada 540 rpm maupun 750 rpm sesuai dengan kondisi masing-masing lahan ataupun tujuan pengoperasian. Bagian penutup bajak rotary sekaligus berfungsi untuk meratakan tanah hingga siap tanam. Ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan tanaman gulma, kedalaman tanah merata, tanaman tumbuh seragam dan lebih subur.

Traktor L3608 merupakan teknologi baru, karena selama ini penggunaan traktor hanya di perkebunan. Akan tetapi sekarang bisa digunakan di sawah. Traktor Kubota L3608 memang didesain khusus untuk pengoperasian di lahan sawah. Produk ini sangat cocok di lahan sawah skala menengah - luas dan datar, minim tenaga kerja dan tidak mempunyai alat untuk membajak dengan cepat. Traktor 4 roda ini mulai diperkenalkan untuk digunakan di lahan kering atau tadah hujan, seperti untuk tanaman jagung dan kentang. Untuk lengkapnya artikel ini dapat di baca pada majalah Agrofarm Edisi 57 Tahun IV April 2015.